Senin, 28 Februari 2011

MATERI KELAS 9

Pengertian E-Learning

Sekilas perlu kita pahami ulang apa e-Learning itu sebenarnya. E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.
Ada beberapa pengertian berkaitan dengan e-Learning sebagai berikut :
Pembelajaran jarak jauh.
E-Learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Pembelajar bisa berada di Semarang, sementara “instruktur” dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real-time ataupun secara off-line atau archieved.
Pembelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.
Pembelajaran dengan perangkat komputer
E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal. Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning. Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.
Pembelajaran formal vs. informal
E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum. E-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing.
Walaupun sepertinya e-Learning diberikan hanya melalui perangkat komputer, e-Learning ternyata disiapkan, ditunjang, dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidang masing-masing, yaitu:
Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari pelatihan yang disampaikan
Instructional Designer (ID), bertugas untuk secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari
Graphic Designer (GD), mengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari
Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.
Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain, dan pembelajar lain. Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang diperoleh.
E-Learning tidak diberikan semata-mata oleh mesin, tetapi seperti juga pembelajaran secara konvensional di kelas, e-Learning ditunjang oleh para ahli di berbagai bidang terkait.

Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Berbagi ke Google Buzz

MATERI KELAS 9

MALWARE
Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu: virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Di pasaran alat-alat komputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti virus, dan anti malware. Meski demikian, bagi yang tak waspadai selalu ada yang kena. Karena pembuat virus dan malware umumnya terus kreatif dan produktif dalam membuat program untuk mengerjai korban-korbannya.

MATERI KELAS 9

Topologi bus banyak digunakan di awal penggunaan jaringan komputer dan bisa dikatakan sebagai topologi yang paling sederhana apabila dibandingkan dengan topologi lainnya.

Pada topologi bus, komputer dalam jaringan dihubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel (lihat gambar).



Dalam hal pengiriman data, dalam satu saat hanya satu komputer yang diperbolehkan mengirimkan data yang berupa sinyal elektronik ke semua komputer dalam jaringan tersebut dan hanya akan diterima oleh komputer yang dituju.

Suatu komputer dapat mengirimkan data ke komputer lainnya dengan syarat jaringan bus mesti terbebas dari sinyal-sinyal yang sedang aktif di jaringan. Permasalahannya, sinyal yang dikirimkan oleh satu komputer akan bergerak ke seluruh jaringan mulai dari ujung satu sampai dengan ujung lainnya dan kemudian akan berbalik arah kembali menuju ujung awal dan demikian terjadi secara terus menerus (bouncing) tanpa bisa di interrupt atau dihentikan (walaupun data yang dikirimkan sudah sampai ke komputer tujuan). Sehingga berdampak pada komputer lainnya akan menjadi terhambat untuk bisa mengirim data.

Untuk mencegah sinyal terus menerus aktif diperlukan adanya terminator, di mana ujung dari kabel yang menghubungkan komputer-komputer tersebut harus di-terminate untuk menghentikan sinyal dari bouncing (berbalik) dan menyerap (absorb) sinyal bebas sehingga membersihkan kabel tersebut dari sinyal-sinyal bebas sehingga komputer lain bisa mengirim data.

Karena hanya satu komputer saja yang dapat mengirimkan data dalam satu saat maka banyaknya komputer akan sangat berpengaruh dalam unjuk kerja jaringan komputer, karena semakin banyak jumlah komputer maka akan semakin banyak pula komputer yang akan menunggu giliran untuk bisa mengirim data. Sehingga berdampak pada unjuk kerja jaringan komputer yang akan menjadi lambat.

Selain itu, dalam topologi bus ada satu kelemahan yang sangat menganggu kerja dari semua komputer yaitu jika terjadi masalah dengan kabel dalam satu komputer (ingat topologi bus menggunakan satu kabel menghubungkan komputer) misalnya kabel putus maka semua jaringan komputer akan terganggu dan tidak bisa berkomunikasi antar satu dengan lainnya atau istilahnya 'down'. Begitu pula jika salah satu ujung tidak diterminasi, sinyal akan berbalik (bounce) dan seluruh jaringan akan terpengaruh meskipun masing-masing komputer masih dapat berdiri sendiri (stand alone) tetapi tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.
Semoga bermanfaat.

materi kelas 9

MATERI KELAS 9  : TOPOLOGI TREE


Topologi Tree pada dasarnya merupakan bentuk yang lebih luas dari Topologi Star. Seperti halnya Topologi Star, perangkat (node, device) yang ada pada topologi tree juga terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur traffic di dalam jaringan.
Meskipun demikian, tidak semua perangkat pada topologi tree terhubung secara langsung ke central HUB. Sebagian perangkat memang terhubung secara langsung ke central HUB, tetapi sebagian lainnya terhubung melalui secondary HUB (lihat gambar).
Pada topologi tree terdapat dua atau lebih HUB yang digunakan untuk menghubungkan setiap perangkat ke dalam jaringan. Keseluruhan HUB tersebut berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua bagian yaitu Active HUB dan Passive HUB.
Active HUB berfungsi tidak hanya sekedar sebagai penerus sinyal data dari satu komputer ke komputer lainnya, tetapi juga memiliki fungsi sebagai Repeater. Sinyal data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya memiliki keterbatasan dalam hal jarak, setelah berjalan sekian meter maka sinyal tersebut akan melemah. Dengan adanya fungsi Repeater ini maka sinyal data tersebut akan di-generate kembali sebelum kemudian diteruskan ke komputer yang dituju, sehingga jarak tempuh sinyal data pun bisa menjadi lebih jauh dari yang biasanya. Sedangkan Passive HUB hanya berfungsi sebagai penerus sinyal data dari satu komputer ke komputer lainnya.
Pada topologi tree, seperti pada gambar, Central HUB adalah selalu sebagai Active HUB sedangkan Secondary HUB adalah Passive HUB. Tetapi pada pelaksanaannya, Secondary HUB bisa juga sebagai Active HUB apabila digunakan untuk menguatkan kembali sinyal data melalui secondary HUB lainnya yang terhubung.
Karena pada dasarnya topologi ini merupakan bentuk yang lebih luas dari topologi star, maka kelebihan dan kekurangannya pada topologi star juga dimiliki oleh topologi tree. Perbedaannya adalah HUB dan kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya dengan mempertimbangkan segala hal yang terkait, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan. Meskipun demikian, topologi ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.
Semoga bermanfaat.

materi kelas 9

TOPOLOGI MESH

Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).


Kelebihan

Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).

Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.

Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.

Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

Kekurangan

Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).

Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.

materi kelas 9 : topologi star

Topologi Star

Dalam topologi star, semua kabel dihubungkan dari komputer-komputer ke lokasi pusat (central location), dimana semuanya terhubung ke suatu alat yang dinamakan hub.



Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).
Bagaimana Jaringan Star Bekerja

Setiap komputer dalam jaringan bintang berkomunikasi dengan central hub yang mengirimkan kembali pesan ke semua komputer (dalam broadcast star network) atau hanya ke komputer yang dituju (dalam switched star network). Hub dalam broadcast star network dapat menjadi aktif ataupun pasif. Active hub memperbaharui sinyal elektrik yang diterima dan mengirimkannya ke semua komputer yang terhubung ke hub. Hub tipe tersebut sering disebut juga dengan multiport repeater. Jika kita menggunakan hub memiliki 32 port, dengan seluruh port terisi, maka collision akan sering terjadi yang akan mengakibatkan kinerja jaringan menurun. Untuk menghindari hal tersebut kita bisa menggunakan switch yang memiliki kemampuan untuk menentukan jalur tujuan data. Active hub dan switch membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya. Pasisive hub, seperti wiring panel atau blok punch-down, hanya berfungsi sebagai titik koneksi (connection point) dan tidak melakukan penguatan sinyal atau memperbaharui sinyal. Passive hub tidak membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya.
Jaringan Bintang Hybrid (Hybrid Star Network)

Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel untuk mengimplementasikan jaringan star. Hybrid hub dapat digunakan untuk mengakomodasi beberapa tipe kabel dalam satu jaringan bintang.


Keuntungan dari penggunaan Topologi Star

Keuntungan dari penggunaan topologi star:
Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung. Kita hanya tinggal menambah kabel baru dari komputer kita ke lokasi pusat (central location) dan pasangkan kabel tersebut ke hub. Bila kapasitas dari hub pusat sudah melebihi, maka kita tinggal mengganti hub tersebut dengan hub yang memiliki jumlah port yang lebih banyak.
Pusat dari jaringan star merupakan tempat yang baik untuk menentukan diagnosa kesalahan yang terjadi dalam jaringan. Intelligent hub merupakan hub yang dilengkapi dengan microprocessors yang selain memiliki fitur sebagai tambahan untuk mengulang sinyal jaringan juga melakukan monitor yang terpusat dan manajemen terhadap jaringan.
Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star. Hub dapat mendeteksi kesalahan dalam jaringan dan memisahkan komputer yang rusak tersebut dari jaringan dan memperkenankan jaringan untuk beroperasi kembali.
Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
Kekurangan dari penggunaan Topologi Star

Topologi star mempunyai kekurangan sebagai berikut:
Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
Memerlukan alat pada central point untuk mem-broadcast ulang atau pergantian traffic jaringan (switch network traffic).
Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.

materi kelas 9 : topology

Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel, menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka (denganterminator diujungnya). Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubung antar komputer pun mengalami perubahan serupa. Mulai dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknologi serat optik dan laser menjadi tumpuan perkembangan jaringan komputer. Hingga sekarang, teknologi jaringan komputer bisa menggunakan teknologi “kelas” museum (seperti 10BASE2 menggunakankabel coaxial) hingga menggunakan teknologi “langit” (seperti laser dan serat optik).
Topology Jaringan Komputer dan Pengkabelan
Jaringan komputer adalah jaringan kabel, dimana bentuk dan fungsi dari jaringan tersebut menentukan pemilihan jenis kabel, demikian juga sebaliknya, ketersediaan kabel dan harga menjadi pertimbangan utama untuk membangun sebuah network (. Sebenarnya ada banyak topologi jaringan komputer, namun yang sering didengar pada umumnya berkisar pada 3 bentuk (topology) jaringan komputer, yaitu
Ring Topology
Topologi ini memanfaatkan kurva tertutup, artinya informasi dan data sertatraffic disalurkan sedemikian rupa sehingga masing-masing node. Umumnya fasilitas ini memanfaatkan fiber optic sebagai sarananya (walaupun ada juga yang menggunakan

materi kelas 9 : perangkat jaringan komputer (Router)

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Fungsi

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Analogi Router dan Switch
Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.
Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:

  • static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
  • dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

materi kelas 9 : perangkat jaringan komputer (MODEM)

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Jenis-jenis modem

  • Modem 3GP
  • Modem GSM
  • Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
  • Modem ADSL
    • Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
  • Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
  • Modem CDMA

materi kelas 9 : jenis jaringan WAN

JARINGAN WAN


Jaringan WAN

WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.

Keuntungan Jaringan WAN.
• Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
• Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
• Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
• Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.


Hubungan antara Jaringan LAN, MAN, dan WAN seperti gambar di atas

materi kelas 9 : jenis jaringan MAN

JARINGAN MAN


Jaringan MAN


MAN (Metropolitan Area Network) ialah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya

materi kelas 9 : jenis jaringan LAN

JARINGAN LAN

Jaringan LAN

LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.

Berdasarkan kabel yang digunakan ,ada dua cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP.

Keuntungan Jaringan LAN.

• Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
• Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
• File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
• File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
• Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
• Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
• Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
• Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.

materi kelas 9 : sejarah jaringan komputer

Sejarah Jaringan Komputer

Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.


Gambar Jaringan TSS

Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.


Gambar Jaringan Distributed Processing
Ketika harga komputer kecil sudah menurun, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (peer to peer system) saja tanpa melalui komputer pusat.

Setelah itu berkembanglah teknologi jaringan komputer lainnya seperti: LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, Wireless (Jaringan tanpa kabel)

materi kelas 9 : intranet

Pengertian intranet
Intarnet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung digunakan suatu sistem organisasi. Misalnya: jaringan komputer-komputer PT. Telkom seluruh Indonesia. Jadi dibilang “internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet.

materi kelas 9 : sejarah internet

A.Internet
1.Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,
dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis
hingga yang dinamis dan interaktif.
2. Sejarah internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu
sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal
dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup
USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama
kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
1.0.
3. Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai
akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,
sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa
mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya
para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari
masyarakat informasi dunia.

materi kelas 8 : mengatur format tampilan huruf

Mengatur Format Tampilan Huruf Pada saat anda bekerja dengan Microsoft Excel, anda dapat menampilkan data yang anda ketik dengan berbagai bentuk huruf (font), ukuran garis bawah, warna huruf, dan efek khusus lainnya sesuai dengan kebutuhan lainnya sesuai dengan keinginan anda. Agar tampilan laporan yang anda buat menjadi lebih menarik dan profesional. Untuk mengatur itu semua ikutilah langkah di bawah ini
 Blok Range yang akan anda atur
 Clik format, lalu pilih Cell
 Clik Tab Font, setelah itu perhatikanolah tampilan layarnya. Maka akan muncul gambar di bawah ini
Dari gambar diatas ada beberapa item yang harus anda perhatikan.

Font
Kotak pilihan ini digunakan untuk mengatur jenis huruf yang akan dipilih. Caranya anda tinggal mengklik anak panah yang ada di bawahnya setelah itu pilihlah jenis huruf apa yang akan anda pakai, dan lihat pada preview untuk melihat bentuk dari font yang anda pilih.
Font Style
Kotak pilihan ini digunakan untuk menentukan style huruf apakah akan dicetak menjadi huruf tebal, miring dan dua-duanya. Untuk mengatur itu semua anda tinggal mengklik saja pada anak panah yang ad di bawahnya. Pilihan-pilhan yang bisa anda pilih adalah:
 Reguler
 Italic
 Bold
 Bold Italic
Size
Ukuran huruf dinyatakan dalam ukuran point, satu point sama dengan 1/72 inci. Ukuran ini menyatakan tinggi baris, bila anda ingin mengubah ukuran huruf anda tinggal mengklik anak panah yang ada dibawahnya dan pilih berapa ukuran huruf yang anda inginkan.
Underline
Data yang anda ketikan dapat diberikan garis bawah, untuk memberikan garis bawah anda bisa melakukannya dengan menggunakan toolbar tetapi garis bawah yang diberikan hanya satu. Jika anda memberikan Underline dengan format Cell, ada beberapa garis bawah yang disediakan. Untuk memberikan garis bawah dengan format cell anda tinggal klik anak panah yang dibawanya. Jenis-jenis garis bawah yang ada adalah :
Color
Bila diperlukan huruf yang kita ketik bisa diberikan warna –warna tertentu. Untuk memberikan warna pada huruf anda bisa menggunakan toolbar font color atau dengan menggunakan format cell. Bila anda ingin memberikan warna huruf dengan format cell anda klik anak panah yang ada dibawahnya color, lalu pilih dan klik warna yang anda inginkan.
Effects
Digunakan untuk memberikan effect-effect pencetakan pada suatu teks dalam range atau cell. Untuk memberikan effect-effect tersebut ikutilah langkh-langkah dibawah ini.
 Klik kotak yang ada disebelah kirinya yaitu :
Strikethrough : Memberikan effect cetak coret Superscript : Memberikan effect cetak naik ke atas sedikit Subscript : Memberikan effect cetak turun kebawah sedikit
None
Singgle
Double
Single Accounting
Double Accounting

Membuat garis Pembatas atau Bingkai
Untuk memperindah tampilan laporan yang anda buat, anda bisa menambahkan bingkai untuk border pada cell/range sebagai garis pembatas. Untuk memberikan border anda bisa menggunakan perintah Format Cell. Untuk memberikan border dengan menggunakan Format cell ikutilah langkah dibawah ini ;
 Blok cell yang akan diborder
 Klik Format, lalu pilih dan klik Cell
 Klik tab Border
 Muncul gambar dibawah ini
Dari gambar diatas ada beberapa item yang harus anda perhatikan yaitu :
Preset
Pada preset pilih dan klik salah satu tombol yang ada dibawahnya, yaitu :
 None : Digunakan untuk menghapus semua border yang sudah dibuat
 Outline: Digunakan untuk membuat bingkai di sekeliling cell yang diblok (bagian luarnya saja)
 Inside : Digunakan untuk membuat border pada bagian dalam cell yang diblok
Border
Pada border, pilih dan klik border yang akan dibuat, anda dapat memilih border atas, bawah, tengah, kanan, kiri, diagonal.
Style
Pada kotak pilihan ini anda dapat jenis garis yang akan dipakai, anda dapaty memilih jenis garis tunggal, putus-putus, garis double, tebal, dll
Color
Digunakan untuk memberikan warna pada garis yang sudah dipilh. Klik OK kalau sudah selesai

materi kelas 8 : fungsi perhitungan pada excel

Fungsi adalah suatu rumus yang telah disediakan oleh Microsoft Excel untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan tertentu. Microsoft telah banyak menyediakan fungsi yang terdiri dari 9 kategori, antara lain :
 Math & Trig ( Terdiri dari 50 fungsi )
 Statistical ( Terdiri dari 80 fungsi )
 Date & Time ( Terdiri dari 14 fungsi )
 Logical ( Terdiri dari 6 fungsi )
 Lookup & Reference ( Terdiri dari 17 fungsi )
 Database ( Terdiri dari 12 fungsi )
 Text ( Terdiri dari 23 fungsi )
 Financial ( Terdiri dari 16 fungsi )
 Information
I. FUNGSI MATH & TRIG
Fungsi Math & Trig disebut juga fungsi matematika. Fungsi ini sering digunakan pada saat anda bekerja dengan Microsoft Excel terutama jika anda mengerjakan suatu data menggunakan rumus. Fungsi Math & Trig terdiri dari 50 fungsi yang masing-masing memiliki kegunaan tersendiri untuk mempermudah kita menggunakan rumus. Mari kita mencoba mempelajari beberapa fungsi dari fungsi Math & Trig.
A. SUM
Fungsi : Sum digunakan untuk menghitung jumlah total dari suatu data numerik. Rumus : = SUM (Cell : Cell) Keterangan Cell 1 : alamat cell awal dari data yang akan dijumlahkan Cell 2 : alamat cell akhir dari data yang akan dijumlahkan Catatan, Gunakan pemisah antara cell 1 dengan cell 2 dengan : Cara menggunakannya Tempatkan pointer pada alamat cell tempat hasil perhitungan Tulis = SUM(Cell 1:Cell 2) Enter Atau Tulis =SUM(drag dari cell awal perhitungan sampai cell akhir perhitungan) Enter Sebagai contoh perhatikanlah gambar di bawah ini

Untuk mengerjakan JUMLAH Anda gunakan rumus SUM Caranya:
 Letakkan pointer pada cell D12 (mencari jumlah total NILAI PENJUMLAHAN )
 Tulis rumus =SUM(D6:D10),tekan enter
 Atau =SUM(drag dari cell awal penjumlahan (D6) sampai cell akhir penjumlahan (D10)
 Setelah selesai Anda tinggal mengkopikan rumus ke cell sebelahnya.
Cara – cara diatas juga berlaku untuk fungsi statistika yang lain.
Selain dengan menggunakan rumus SUM, untuk menghitung jumlah total dari suatu data numeric Anda bisa menggunakan Toolbar AutoSum
B. SUM IF
Fungsi : Sum If digunakan untuk menjumlahkan range dengan kriteria tertentu. Rumus : = SUMIF (Range Kode:Kriteria:Range akan dijumlah)
Penyelesaian : Rumus yang akan dimasukan pada E13 =SUMIF(D6:D10;”A”:E6:E10) (tekan enter)
1. Letakan pointer di Cell E13
2. Ketik =SUMIF ( ketik =SUMIF kemudian buka kurung (semuanya rapat).
3. Blok semua KODE GOLONGAN (D6 :D10). Cara ;
 Sorot D6
 Tekan tombol titik
 Sorot kebawah hingga D10
4. Ketik ;”A”;
5. Blok seluruh JUMLAH GAJI (E6:E10). CARA ;
 Sorot E6
 Tekan tombol titik
 Sorot kebawah hingga E10
6. Ketik ) ketik tutup kurung
7. Tekan enter
Maka anda akan mendapatkan 1200000 pada cell E13.


C. SUBTOTAL
Fungsi : Subtotal adalah untuk mencari subtotal dari sebuah range. Rumus : = SUBTOTAL (Nomor Fungsi;Range1;Range2) Nomor Fungsi adalah nomor antara 1 sampai dengan 11 yang merupakan fungsi yang digunakan untuk mencari subtotal. NOMOR FUNGSI FUNGSI
1 AVERAGE
2 COUNT
3 COUNTA
4 MAX
5 MAX
6 PRODUCT
7 STDEV
8 STDEVP
9 SUM
10 VAR
11 VARP
CONTOH1 =SUBTOTAL(1;A1:A10) Akan mencari rata-rata cell A1 sampai A10. Rumus ini sama artinya dengan AVERAGE (A1:A10). CONTOH 2 =SUBTOTAL(9;A1:A10) Akan menjumlahkan cell A1 sampai A10. Rumus ini sama artinya dengan SUM(A1:A10).
D. ROUND
Fungsi : untuk membulatkan sebuah bilangan ke dalam jumlah desimal tertentu. Rumus : =ROUND(Cell;Jumlah Desimal)
CONTOH 1 : =ROUND(1,4;0) 1
CONTOH 2 : =ROUND(1,5;0) 2
CONTOH 3 : =ROUND(1,24;1) 1,2 Contoh Soal : Perhatikan contoh soal yang ada pada gambar 5.b dibawah ini. Jika anda mempraktikkan mengerjakan soal ini, hitunglah ukuran rata-rata, dan Round. Ukuran Rata-rata dan Round jangan diketik manual.


BANTUAN
 UKURAN RATA-RATA
Ukuran rata-rata dicari melalui PENGUKURAN I + PENGUKURAN II Kemudian dibagi dua. =(A4 + B4)/2 selanjutnya dicopy kebawah…….
 ROUND
ROUND dicari melalui UKURAN RATA-RATA dengan pembulatan 2 desimal.
=Round(C4;2) Selanjutnya copy ke bawah …….. Catatan : tanda pemisah dalam perhitungan harus disesuaikan dengan format deafault pada komputer. Jika menggunakan tanda koma maka tanda pemisah juga menggunakan tanda koma, jika menggunakan tanda titik dua maka tanda pemisahnya juga menggunakan tanda titik dua dan jika menggunakan tanda titik koma maka tanda pemisahnya juga harus mengikuti dengan titik koma.

materi kelas 8 : fungsi date and time

Fungsi DATE & TIME adalah fungsi-fungsi untuk mengakses tanggal dan jam, dan terdiri dari 14 fungsi. Mungkin pada suatu saat anda akan membutuhkan fasilitas ini pada lembar kerja Microsoft Excel. Sebelum kita masuk ke fungsi-fungsi yang berhubungan dengan tanggal dan waktu, anda harus bisa memasukan data yang berupa data tanggal dan data waktu. Agar format tanggal dan jam sesuai dengan format yang berlaku di Indonesia, maka regional settimg (Windows 98) atau regional options (Windows 2000) harus diubah ke Indonesia.

A. DATE

 Memasukan Data Tanggal
Anda dapat memasukan data type tanggal dengan langkah sebagai berikut. Ada dua cara memasukan data tanggal
 Dengan mengetiknya secara langsung
Cara :
 Tempatkan pointer pada cell tempat data tanggal
 Ketikan data tanggal sesuai dengan format tanggal yang berlaku pada system komputer anda dengan bentuk umum
DD/MM/YY atau MM/DD/YY
 Keterangan :
DD : Tanggal MM : Bulan (dalam angka) YY : Tahun Contoh :
 Pada Cell B4 anda akan memasukan data tanggal 27 Januari 2007
 Maka tempatkan pointer pada cell B4
 Tulis 27/06/2007 atau 06/27/2006
 Dengan menggunakan Rumus DATE
Selain dengan mengetik secara langsung anda juga bisa memasukan data tanggal dengan menggunakan rumus DATE, cara ini lebih efisien jika data tanggal yang kita masukan banyak. Rumus : =DATE (Cell 1; Cell 2; Cell 3) Keterangan Cell 1 : cell yang berisi TAHUN Cell 2 : cell yang berisi BULAN Cell 3 : cell yang berisi TANGGAL Catatan:
 Selain dengan menggunakan alamat cell, anda juga bisa menuliskan angkanya secara langsung.
 Untuk mengatur tampilan data tanggal anda juga menggunakn format cell yang sudah dibahas di depan.
Contoh Jika di cell B4 Anda tuliskan data tanggal 14/05/2006 Gunakan fungsi =DAY(B4) di cell C4, maka hasilnya adalah 20
1. MONTH
Month digunakan untuk mengambil angka bulan pada tanggal Rumus =MONTH(Cell) Keterangan Cell : cell yang berupa data tanggal Contoh, Jika cell B4 Anda tuliskan data tanggal 20/01/2001 Gunakan fungsi = MONTH(B4) di cell D4, maka hasilnya adalah 10

2. YEAR
Year digunakan untuk mengambil angka tahun dari data tanggl Rumus =YEAR(Cell) Keterangan Cell : cell yang berupa data tanggal Contoh, Jika di cell B4 Anda tuliskan data tanggal 20/10/2001
3. WEEKDAY
Weekday digunakan untuk mengambil angka urutan hari dalam satu minggu dari suatu data tanggal Rumus =WEEKDAY(Cell) Keterangan Cell : cell yang berupa data tanggal Contoh, Jika di cell B4 Anda tuliskan data tanggal 20/01/2001 Gunakan fungsi =WEEKDAY(B4) DI CELL F4, MAKA HASILNYA ADALAH 7
4. CHOOSEE(WEEKDAY(cell)
Fungsi ini di gunakan untuk mengambil nama hari dari suatu data tanggal Rumus =CHOOSE(WEEKDAY(cell);”Minggu”;”Senin”;”Selasa”;”Rabu”;”Kamis”;”Jum‟at”;”Sabtu”) Keterangan Cell : cell yang berupa data tanggal Catatan, Penulisan nama hari dimulai dari Minggu sampai Sabtu, dan setiap nama hari di apit tanda petik dua di atas. Contoh, Jika di cell B4 Anda tuliskan data tanggal 20/01/2001 Gunakan fungsi =CHOOSE(WEEKDAY(b4);”Minggu”;”Senin”;”Selasa”;”Rabu”;”Kamis”;”Jum‟at”;”Sabtu”) di cell G4, maka hasilnya adalah Sabtu.
5. NOW
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu system yang aktif pada komputer Anda. Rumus =NOW( )
6. TODAY
B> TIME
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan tanggal system pada komputer Anda Rumus =TODAY( ) Fungsi Waktu Selain data tanggal yang bisa Anda masukan kedalam lembar kerja Microsoft Excel, Anda bisa memasukan data yang berupa waktu. Memasukan data waktu. Untuk memasukan data waktu ada dua cara yaitu :
 Dengan cara mengetikannya secara langsung.
Cara :
 Tempatkan Pointer pada cell yang akan diisi dengan data waktu
 Ketikan data waktu sesuai dengan format waktu yang berlaku pada system komputer anda, dengan bentuk umum
HH:MM:SS Keterangan HH : Jam MM : Menit SS : Detik Contoh,
 Pada cell C5 Anda akan masuk data Waktu 19:30:59
 Maka tempatkan Pointer pada cell C5
 Tulis 19:30:59

materi kelas 8 : fungsi statistik

Fungsi Statistik  sering digunakan pada saat sedang mengerjakan data yang menggunakan rumus. Fungsi – fungsi yang termasuk dalam kategori STATISTICAL adalah sebagai berikut (berjumlah 80 fungsi). Diantaranya yang sering digunakan adalah :
A. AVERAGE
Fungsi : Untuk menghitung rata-rata dari suatu range. Rumus : =AVERAGE (Cell 1: Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal dari data yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir dari data yang akan dihitung (data numeric)
B. MAX
Fungsi : Digunakan untuk menghitung jumlah tertinggi dari suatu cell atau range. Rumus : =MAX(Cell 1 : Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal dari data yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir dari data yang akan dihitung (data numeric)
C. MIN
Fungsi : Digunakan untuk meghitung jumlah terendah dari suatu cell atau range. Rumus : =MIN(Cell 1 : Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir yang akan dihitung (data numeric)
D. COUNT
Fungsi : Digunakan untuk menghitung jumlah data yang berupa data numeric. Rumus : =COUNT(Cell 1 : Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir yang akan dihitung (data numeric)
E. COUNTAFungsi : Untuk menghitung jumlah cell yang berupa data (bail data numeric maupun data string). Bedakan dengan fungsi count yang hanya menghitung data numeric saja. Rumus : =COUNTA(Cell 1: Cell 2) Cell 1 : Alamat cell awal yang akan dihitung. Cell 2 : Alamat cell akhir yang akan dihitung. Contoh Soal :
Untuk mengerjakan kolom JUMLAH, JML tertinggi, JML terendah, rata-rata, jumlah data. Anda bisa menggunakan fungsi sattistika sebagai berikut :
 Jumlah : =SUM(F6:F10)
 JML Tertinggi : =MAX(F6:F10)
 JML Terendah : =MIN(F6:F10)
 Rata-rata : =AVERAGE(F6:F10)
 Jumlah Data : =COUNT(F6:F10)

materi kelas 8 : memformat data

Memformat data artinya membuat data menjadi tebal, miring, bergaris bawah, membuat perataan (membuat data rata tengah, rata kiri, rata kanan), menggabung beberapa cell menjadi satu cell dan lain-lain. Untuk itu, maka operasi blok yang telah kita bahas pada bab sebelumnya harus sudah anda pahami dahulu.
1. MEMBUAT TEBAL, MIRING DAN BERGARIS BAWAH
Perintah-perintah :
Dengan Mouse
Dengan Tombol
Ctrl + B : Membuat tebal
Ctrl + I : Membuat miring
Ctrl + U : Membuat bergaris bawah
2. PERATAAN
Perataan adalah pengaturan data didalam cell. Data-data bisa dibuat ke tengah-tengah cell (rata tengah), rata kanan atau rata kiri (default).
Perintah-perintah :
Cara membuatnya tinggal di klik saja pada toolbar, sebelumnya data di blok terlebih dahulu.

materi kelas 8 : cara memblok data pada excel

CARA MEMBLOK DATA
1. Memblok data artinya menandai/memilih sekumpulan data untuk tujuan :
2. Mengcopy sekumpulan data.
3. Memindah sekumpulan data.
4. Menghapus sekumpulan data.
5. Memformat sekumpulan data.
6. Memformat data ( tebal, miring, dan lain-lain 0.
7. Menyisip atau menghapus beberapa kolom sekaligus.
8. Menyisip atau menghapus beberapa baris sekaligus.
9. Menyisip atau menghapus beberapa cell sekaligus.
10. Dan lain-lain……

INSTRUKSI- INSTRUKSI BLOK
Dengan mouse
Klik batang kolom ( Clumn Headers) : Memblok 1 kolom Klik batang baris (Row Headers ) : Memblok 1 baris Klik + seret mouse (drag) : Memblok sekumpulan data (range) Ctrl + klik atau seret : Memblok beberapa range
 
Dengan Keyboard
Shift + Anak panah kanan : Memblok 1 cell ke kanan Shift + Anak panah kiri : Memblok 1 cell ke kiri Shift + Anak panah bawah : Memblok 1 cell ke bawah Shift + Anak panah atas : Memblok 1 cell ke atas Ctrl + Spasi : Memblok 1 kolom Ctrl + Spasi : Memblok 1 baris Shift + Page down : Memblok kolom 1 layar ke bawah Shift + page Up : Memblok kolom 1 layar ke atas Ctrl + A : Memblok seluruh isi worksheet Ctrl + Shift + Anak Panah Kanan : Memblok mulaiposisi pointer hingga ke akhir data (dalam baris) Ctrl + Shift + Anak Panah Kiri : Memblok mulai dari posisi pointer hingga ke awal (dalam baris) Ctrl + Shift + Anak panah bawah : Memblok mulai dari posisi pointer hingga ke akhir data (dalam kolom) Ctrl + Shift + Anak Panah Atas : Memblok mulai dari posisi pointer hingga ke awal data ( dalam kolom) Ctrl + Shift + Home : Memblok mulai dari posisi pointer hingga ke awal data (A1)

materi kelas 8 : pengaturan cell pada excel

MENYISIPKAN CELL Di dalam pemasukan data terkadang kita memerlukan ketelitian yang benar-benar jeli. Apabila ada yang terlewati maka kita harus menyisipkan sel ditempat data yang belum dimasukan. Caranya : - Klik cell/range pada tempat dimana data akan disisipkan.
- Klik menu insert pilih cell, muncul menu pilihan - Langsung klik OK (setuju dengan pilihan shift cell down )
- Maka seluruh nomor urut akan diturunkan satu cell ke bawah. Keterangan: Shift cells right, menyisipkan cell dan menggeser cell yang ada disebelah kanan dari tempat keberadaan cell ke kanan. Shift cell down, menyisipkan cell dan menggeser cell yang ada dibawah dari keberadaan cell ke bawah Entire Row, menyisipkan baris. Entire Column, Menyisipkan kolom
MENGHAPUS CELL Caranya : Block/soroti sel atau range yang akan dihapus Clik menu edit pilih delete atau clik kanan pada cell yang akan dihapus sehingga muncul kotak dialog dibawah ini

materi kelas 8 : pengaturan kolom pada excel

MENYISIP KOLOM Didalam pembuatan tabel terkadang anda perlu menyisipkan kolom apabila salah satu kolom terlewat. Untuk menyisipkan kolom tersebut caranya :
- Klik kanan di batang ke 5 ini - Klik insert - Maka baris baru akan disisipkan dan semua baris yang ada dibawahnya akan turun 1 baris
- Klik kanan di batang ini - Klik insert - Maka kolom kosong akan disipkan

MENGHAPUS KOLOM Hati-hati jika nada menghapus kolom, maka semua data-data yang ada di dalam kolom tersebut juga akan ikut di hapus. Sebagai contoh kita akan menghapus kolom C : Klik kanan batang kolom C. Klik Delete. Maka kolom C beserta seluruh isinya akan dihapus.

materi kelas 8 : pengaturan baris pada excel

PENGATURAN BARIS, KOLOM, dan CELL
Setelah anda memasukan data pada worksheet, maka langkah selanjutnya adalah mengatur atau memformat data.
A. BARIS
MENYISIP BARIS Menyisipkan baris kosong sangat berfungsi apabila ada data yang terlewat, sehingga data-data yang sudah diketik tidak perlu dihapus dan diketik kembali. Caranya : Blok cell/range pada tempat dimana data akan disisipkan. Clik menu insert pilih cell, muncul menu pilih row atau click kanan pada row selector pilih insert.
MENGHAPUS BARIS Menghapus baris sama caranya dengan menyisipkan baris, hanya pilihan insert (menyisip) di ganti dengan delete (menghapus).
MENGATUR TINGGI BARIS Dalam pengaturan tinggi baris ada beberapa cara : Pertama, bawa mouse pointer ke row selector, sehingga mouse akan berubah menjadi anak panah dua arah (atas bawah) kemudian drag kebawah untuk menambah tinggi baris dan keatas untuk ,mengurangi tinggi baris. Kedua, klik kanan pada row selector dari baris yang akan diatur pilih Row Height masukan ukuran tinggi baris yang akan dikehendaki klik OK. Selain dengan kedua cara tersebut diatas anda juga bisa menggunakan menu format >> Row, menu yang di tampilkan tidak jauh dengan menu pada format>>Column.

materi kelas 8 : MEMASUKAN DATA KE LEMBAR KERJA

MEMASUKAN DATA KE LEMBAR KERJA
Sebelum anda memasukan data-data ke lembar kerja, anda harus tahu macam-macam data yang ada dalam Microsoft Excel. II.1. Macam-macam data pada Microsoft Excel
1. Data teks
Data teks adalah data yang berupa teks (karakter) atau campuran teks dengan angka diatur otomatis rata kiri pada cell. Cara memasukan data teks bisa diawali dengan beberapa karakter.
a Petik satu („)
Jika anda mengetikan teks diawal karakter ini maka teks akan diformat rata kiri dalam cell. Contoh : „HALAMAN
b Petik Dua (“)
Pengetikan teks dengan diawali karakter ini akan memberikan format rata kanan teks pada cell. Contoh : “ HALAMAN
c Caret (^)
Tambahkan karakter ini diawal teks, maka hasilnmya teks diformat rata tengah secara otomatis. Contoh : ^ HALAMAN
2. Data Numerik
a Data Numerik adalah data yang berupa angka yang bisa dioperasikan secara aritmatik dan diatur otomatis rata kanan pada cell. Data numerik juga masih di klasifikasikan menjdi beberapa bagian :
b Data Value
Adalah angka yang dimasukan secara langsung kedalam cell. Masukan data ini tanpa di tambah dengan tanda baca apapun kecuali untuk angka negatif. Contoh : 12000, - 120000
c Data tanggal/waktu
Adalah data yang menunjukan tanggal atau jam. Cara memasukan data tanggal dengan menuliskan angka tanggal, bulan dan tahun dengan tanpa dipisah tanda garis miring (/) Contoh : 27/01/1986 Sedangkan untuk memasukan data waktu anda cukup menuliskan angka jam, menit dan detik dengan dipisah tanda titik dua (:). Contoh : 12:25:01
d Data Rumus
Merupakan data hasil perhitungan data numerik dengan menggunakan operator aritmatik, relasional, logika, atau menggunakan suatu fungsi. Contoh : =13 + 15 Didalam penulisan suatu rumus harus diawali dengan sama dengan ( =). Didalam Microsoft Excel cara memasukan data sedikit lucu, data diketik dulu diatas, di enter baru jumping (lompat) ke dalam worksheet. Gunakan anak-anak panah untuk memindahkan pointer dari cell yang satu ke cell yang lain.Apabila penulisan data terlalu panjang biasanya dat akan terpotong karena lebar setiap cell hanya 9 karakter. Selain dengan menggunakan enter, untuk mengakhiri kita bisa menggunakan klik kanan. Demikian dengan anak panah kiri, anak panah atas dan anak panah bawah dan jika ingin membatalkan data yang akan dimasukan, tekan saja Esc.

materi kelas 8 : tombol tombol penggerak pointer pada excel

TOMBOL – TOMBOL PENGGERAK POINTER
Agar kita dapat bekerja dengan baik dan cepat dalam Microsoft Excel, maka kita harus
mengenal terlebih dahulu atau menguasai perintah – perintah untuk menggerakkan pointer.
Pointer adalah suatu batang empat persegi panjang yang menunjukan kepada kita di daerah
atau di cell mana kita sedang berada.
Ada beberapa tombol keyboard yang bisa anda gunakan untuk menggerkan pointer.
Keterangannya sebagai berikut :
TOMBOL FUNGSI
Anak Panah Kanan () Menggerakan pointer satu cell ke kanan
Anak Panah Kiri () Menggerakan pointer satu cell ke kiri
Anak Panah Bawah () Menggerakan pointer satu cell ke atas
Anak Panah Bawah () Menggerakan pointer satu cell ke bawah
Page down Menggulung dokumen satu layar ke atas
Page Up Menggulung dokumen satu layar ke atas
Ctrl +  Pointer kekanan keakhir data (data tanpa selang)
Ctrl +  Pointer kekiri ke akhir data (data tanpa selang)
Ctrl +  Pointer kebawah ke akhir data (data tanpa selang)
Ctrl +  Pointer ke atas ke awal data (data tanpa selang)
Home Pointer ke awal baris
Ctrl + Home Pointer ke awal worksheet (A1)
Ctrl + End Pointer Keakhir sebuah data (bedakan dengan data tanpa
selang)
Alt + Page Down Menggulung dokumen satu layar ke kanan
Alt + Page Up Menggulung dokumen satu layar ke kiri
Ctrl + Page Down Pindah ke sheet berikutnya
Ctrl + Page Up Pindah ke sheet sebelumnya.
Ctrl + F6 Pindah ke work book berikutnya, untuk kembali ke workbook
sebelumnya tekan kembali Ctrl + F6.
F6 Berpindah antar jendela jika jendela dibagi dua.
Tab Menggerakan pointer dalam worksheet yang diproteksi.
Jika suatu saat pointer hilang, tekan Ctrl + Backspace
untuk memunculkan, sekaligus menampilkan cell yang
sedang aktif.

materi kelas 8 : WORKBOOK, SHEET DAN WORKSHEET

Workbook adalah kumpulan dari sheet, dan lembar kerja yang terdapat pada sheet disebut dengan worksheet. Dalam keadaan default, work book yang terpasang adalah 1 dengan 3 buah sheet (sheet 1, sheet 2, sheet 3). Anda bisa menulis di halaman 1 (sheet 1), halaman 5 (sheet 5), halaman 10 (sheet 10), dan seterusnya. Bukunya disebut workbook dan halaman-halamannya disebut dengan worksheet.
BEKERJA DENGAN BEBERAPA WORKBOOK
 Menambah Workbook
Setiap kita membuka Microsoft Excel, workbook yang terpasang adalah 1 dengan 3 buah sheet. Berikut ini cara menambah workbook : - Klik menu file kemudian New atau klik ikon New yang terdapat pada toolbar atau dengan tombol ctrl + N - Maka sebuah Workbook baru akan ditambah dengan nama book2
 Berpindah Antar Workbook
Untuk berpindah dari workbook yang satu ke workbook yang lain tekan tombol pada keyboard ctrl + F6.
 Menutup Workbook
1. Pilih (aktifkan) workbook yang akan ditutup dengan menekan Ctrl +F6.
2. Setelah aktif, tekanlah Ctrl + F4 atau klik tombol close untuk menutup
3. Jika workbook sudah berisi data, maka Microsoft Excel akan mengingatkan kita apakah workbook tersebut akan disimpan atau tidak.
4. Setelah ditutup, maka Microsoft Excel akan berpindah ke work book sebelumnya.

MENGAKTIFKAN SHEET Dalam keadaan default, sheet yang aktif adalah sheet1. Untuk mengaktifkan sheet yang lain, klik saja sheet tabs : klik sheet 1 untuk mengaktifkan sheet yang lain, klik saja sheet tabs : klik sheet1 untuk mengaktifkan sheet1, klik sheet2 untuk mengaktifkan sheet 2 dan seterusnya.
Mengaktifkan beberapa sheet sekaligus, tekan tombol ctrl (jangan lepas),kemudian kliklah sheet –sheet yang ingin diaktifkan. Jika anda mengetik suatu teks (misalnya judul naskah), maka teks tadi akan dimasukkan kedalam semua judul sheet yang anda pilih tadi. MENAMBAH SHEET Cara 1 - Klik Menu Insert - Klik Worksheet - Maka sebuah sheet baru akan ditambahkan pada sheet tabs. Cara 2 - Klik tombol kanan mouse diatas salah satu sheet. - Maka akan keluar sejumlah menu.
- Klik insert - Selanjutnya keluar kotak dialog insert - Karena pilihan worksheet sudah ditandai, langsung saja klik OK. - Maka sebuah sheet baru akan ditambahkan pada sheet tabs.

BERPINDAH ANTAR SHEET Untuk berpindah dari sheet yang satu ke sheet yang lain, caranya mudah :langsung klik sheet 1 jika ingin berpindah ke sheet 1, klik sheet2 jika ingin berpindah ke sheet2, klik kembali sheet 1 jika ingin berpindah kembali ke sheet 1, demikianlah seterusnya. MENGGANTI NAMA SHEET Caranya :
 Klik kanan diatas nama sheet yang namanya akan diganti.
 Keluar sejumlah menu.
 Klik rename.
 Sekarang ketiklah nama baru yang anda inginkan.
 Setelah selesai tekan enter.Insert : Menambah sheet baru. Delete : Menghapus sebuah sheet Rename : Mengganti nama sebuah sheet. Move or Copy : Memindah atau mengcopy sheet. Select All Sheet: Menandai (memilih) semua sheet.
MENGHAPUS (MENUTUP) SEBUAH SHEET Untuk menghapus atau menutup sebuah sheet juga cranya mudah : Catatan: Jika sheet dihapus, maka seluruh isinya juga akan terhapus. Oleh karena itu jika ingin menghapus sebuah sheet, anda harus memperhatikan : Caranya:
 Klik kanan nama sheet yang akan dihapus
 Klik delete
 Maka akan keluar kotak dialog peringatan  Klik Ok untuk jadi menghapus, cancel jika ingin membatalkan.
 Maka sheet akan dihapus dari sheet tabs.

Work Sheet adalah tempat mengetik naskah / dokumen yang terdapat pada setiap sheet. Disini akan dijelaskan tentang bagian-bagian layar kerja. Work sgheet terdiri dari kolom dan baris, yaitu kolom A sampai kolom IV (256 kolom), dan baris 1 sampai 65536 (65.536 baris).
BERPINDAH ANTAR SHEET
KETERANGAN:
COLOUM
Yang berjajar horisontal
ROW
Yang berjajar vertical
CELL
Pertemuan antara baris dan kolom. Contoh : A1, B7, D10, A4537 dan seterusnya.
RANGE
Sekumpulan dari beberapa cell yang di blok / dipilih Contoh : A1….D1 dibaca A1 sampai D1 (yaitu :A1, B1, C1 dan D1)
CELL POINTER
Cell pointer adalah kotak penunjuk pada satu cell. Dengan petunjuk ini anda bisa menempatkan text atau angka sesuai dengan kebutuhan. Anda tinggal menggerakan pointer tersebut dengan anak panah kemudian mengetikan data. WORK SHEET SELECTOR Berfungsi mengeblok seluruh lembar kerja.

materi kelas 8 : bagian layar microsoft excel

BAGIAN LAYAR MICROSOFT EXCEL
Sebelum anda menggunakan Microsoft Excel sebaiknya anda mengetahui bagian-bagian –bagian layar Microsoft Excel terlebih dahulu. Jendela Microsoft Excel terdiri dari :
 Title Bar
 Menu Bar
 Toolbar
 Scroll Bar
-Horisontal Scroll -Vertical Scroll Bar
 Status Bar
 Office Assistant
Title Bar ( Baris Judul ) Title Bar berisi nama dari aplikasinya yang sedang dijalankan, selain itu juga berisi sizing Button (tombol ukuran 3 buah) ini terletak di pojok kanan atas, nama dari file/work sheet yang sedang aktif.

Menu Bar
Menu bar adalah menu/perintah yang berupa tulisan, cara menggunakannya adalah dengan cara diklik menu yang dipilih atau dengan keyboard (alt + huruf yang digaris bawah)

Toolbar (Standart)  adalah menu yang berupa gambar, menu-menu yang ada di toolbar sebenarnya adalah perwakilan menu-menu yang ada di menu7 bar, dengan menggunakan toolbar kita akan lebih cepat dan lebih mudah dalam memberikan perintah, sedangkan cara menggunakannya anda tinggal mengklik saja pada toolbar yang berasngkutan. Pada Microsoft Excel ada 14 toolbar , yaitu : Standard, formatting, Chart, Clipboard, Control Toolbox, Drawing, External Data, Forms, Picture, Pivot Table, Reviewing, Visual Basic, Web, Word Art.

Scroll Bar Scrool Bar adalah batang yang befungsi untuk menggulung naskah, dan terdiri dari dua jenis : Vertical scroll bar dan Horisontal scroll bar. Scroll Bar artinya batang penggulung. Vertical Scroll bar berfungsi untuk meggulung naskah keatas dan kebawah, seret batang yang terdapat pada vertical scroll bar untuk menggulung naskah ke bawah, sebaliknya seret ke atas untuk menggulung ke atas. Anda juga bisa menggulung naskah dengan mengklik di semabrang tempat pada vertical . Horisontal Scroll bar berfungsi untuk menggulung naskah ke kiri dan ke kanan. Seret batang yang terdapat pada horisontal scrollbar ke kiri, sebaliknya seret kekanan untuk menggabung ke kanan.

Status Bar
Status Bar adalah tampilan pada Microsoft Excel yang aktif saat kita sedang menggunakan program pada Microsoft Excel

Office Assistant
Office Assistant adalah seorang sahabat ketika anda sedang bekerja dengan Microsoft Excel. Kita bisa bertanya pada Assistant ini jika kita kurang mengetahui sesuatu. Ketik pertanyaan anda pada kotak Type your question here, and then click search, misalnya How to save my workbook? Untuk mempelajari bagaimana cara menyimpan workbook (naskah), Kemudian klik search. Maka akan di tampilkan beberapa menu tentang menyimpan workbook, pilihlah (klik) salah satu.
o Cara mematikan Office Assistant
Klik menu Help Klik Hide the Office Assistant Maka Office Assistant akan dimunculkan kembali.
o Cara memunculkan kembali office assistant
Klik menu Help Klik show the office assistant. Maka Office Assistant akan muncul kembali.

materi kelas 8 : cara menyimpan dokumen pada excel

Menyimpan buku kerja (work book) hasil pekerjaan kita dapat kita simpan kedalam hard disk, disket atau bisa juga menggunakan flasdisk apabila kapasitas file yang kita gunakan besar.
CARA MENYIMPAN DOKUMEN
MENYIMPAN KE HARD DISK
Klik menu file
Klik save atau save as
Maka akan keluar kotak dialog Save as Klik kotak Save in ini untuk mengubah drive/folder jika ingin disimpan pada lokasi lain.

Jika naskah ingin disimpan kelokasi lain, klik kotak save in, kemudian pilihlah (klik) drive atau folder yang anda inginkan. Atau sebelumnya buat folder baru pada hard disk.
Pada kotak File name ketiklah nama file anda, kemudian tekan enter atau klik tombol save untuk menyimpan.
Maka naskah anda akan di simpan ke drive/folder yang anda pilih tadi sesuai dengan nama yang anda berikan, dan microsoft Excel akan menambahkan akhiran. XLS pada file anda, tetapi akhiran ini hanya nampak apabila anda melihatnya dalam mode DOS. PERBEDAAN SAVE DAN SAVE AS SAVE : Menyimpan kembali dengan nama yang sama, dengan nama yang ada di layar, dan file semula ditimpa. Perintah ini bisa disingkat dengan mengklik ikon save () atau menekan tombol Ctrl + s SAVE AS : Menyimpan kembali dengan nama yang lain (nama baru) dan file semula tetap ada dan aman. Perintah ini bisa disingkat dengan menekan tombol F12
MENYIMPAN KE DISKET 
 Menyimpan ke disket sama caranya dengan menyimpan ke Hard disk, hanya drive penyimpanannya yang perlu diubah pada Save in. klik atau pilih 3 ½ floopy (A) jika ingin menyimpan ke drive A, klik 5 ¼ (B jika ingin menyimpan ke drive B). Catatan : Jika komputer anda hanya terpasang satu drive, maka drive tersebut di anggap drive A.
MENYIMPAN PEKERJAAN DENGAN KATA KUNCI (Password) Adakalanya pekerjaan yang kita kerjakan bersifat rahasia, artinya hanya anda yang tahu isi dari peekerjaan anda. Maka anda harus menyimpan pekerjaan dengan kata kunci (password) supaya orang lain tidak bisa membukanya.Untuk menyimpan dengan password ikutilah langkah di bawah ini.
 Clik File, lalu pilihdan klik Save
 Pilih Save in Anda tentukan lokasi penyimpanan
 Pada File name Anda tulis nama file
 Sebelum Anda klik Save Anda click option, sehingga muncul gambar di bawah ini

Pada kotak isian Password to open, tulis kata atau password yang Anda inginkan. Pada kotak isian ini password utuk membuka dokumen, jika suatu saat Anda membuka file maka Anda akan diminta untuk memasukan password yang Anda tulis. Pada kotak isian Password to modify, tulis kata sandi atau password yang Anda inginkan, pada kotak isian ini berisi password untuk mengedit dokumen. Jika suatu saat Anda berhasil membuka file maka jika anda ingin mengeditnya Anda harus memasukan password yang Anda tulis pada kotak isian ini. Setelah kedua kotak isian ini Anda tulis, klik OK. Catatan : Pada saat Anda memasukan password, huruf yang Anda ketikan akan berbentuk simbol ********** agar orang lain tidak dapat membacanya. Setelah Anda klik OK akan muncul kotak dialog Confirm Password seperti gambar di bawah ini.
Pada kotak isian Reenter password to proceed, Anda ketik ulang password yang Anda masukan tadi. Langkah ini digunakan untuk menghindari kesalahan peulisan password.
 Klik OK
Jika anda membuat password pada modify anda juga akan diminta untuk menulis ulang password yang anda ketik. Catatan :
 Didalam penulisan password anda harus memperhatikan kombinasi huruf besar dan kecil, karena itu sangat berpengaruh. Anda bisa membuat password dengan panjang 15 karakter, boleh gabungan huruf, nomor dan simbol. Password adalah sensitive case, artinya password membedakan setiap karakter pada penulisan password yang ditulis.
 Setiap anda membuka file yang anda password anda minta untuk memasukan passwordnya.
 Gunakan kata kunci yang mudah anda ingat.
Apabila anda sudah selesai bekerja dengan Microsoft Excel dan ingin keluar, caranya adalah, Klik Tombol X (pojok kanan atas) atau klik file pilih dan klik exit.

materi kelas 8 : pengenalan dan cara memulai microsoft excel

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel adalah suatu program aplikasi pengolah angka dan data yang canggih dan memiliki fasilitas yang mendukung bagi kantor atau instansi perusahan . Dengan menggunakan program pada microsoft excel ini kita dapat mempermudah pekerjaan untuk mengolah angka, data, menganalisa data dan memprediksikan data. Microsoft excel sering disebut juga dengan program aplikasi spreedsheet (lembar kerja elektronik).
II. CARA MEMULAI MICROSOFT EXCEL
Memulai Microsoft Excel pada umunya sama dengan memulai menjalankan program aplikasi yang lain.
 Klik start
 Sorot program (tidak perlu di klik)
 Klik microsoft excel
 Maka akan muncul jendela microsoft excel yang merupakan hak cipta Microsoft Excel (Gb. 1.1), dan tunggu beberapa saat akan muncul lembar kerja Microsoft Excel (Gb. 1.2)
CARA PERTAMA
dengan mengklik ganda (double klik) tombol shortcut yang ada pada desktop windows. Tetapi sebelumnya tombol shortcut untuk Microsoft Excel harus dibuatkan terlebih dahulu pada desktop. Caranya :
o Klik kanan pada desktop yang kosong
o Maka akan keluar sejumlah menu, sorot New
o Klik Mocrosoft Excel Worksheet
o Maka pada desktop akan dibuatkan ikon baru dengan nama New Microsoft Excel Worksheet
Cara yang ketiga adalah dengan cara menjalankan Microsoft Excel secara otomatis setiap kali menghidupkan komputer. Caranya :
o Klik start dengan tombol kanan mouse.
o Maka akan keluar 5 buah menu, klik Explorer All Users.
o Keluar jendela start menu
CARA KEDUA
Anda dapat menjalankan Microsoft Excel dengan mengklik ganda (double klik) tombol shortcut yang ada pada desktop windows. Tetapi sebelumnya tombol shortcut untuk Microsoft Excel harus dibuatkan terlebih dahulu pada desktop. Caranya :
o Klik kanan pada desktop yang kosong
o Maka akan keluar sejumlah menu, sorot New
o Klik Mocrosoft Excel Worksheet
o Maka pada desktop akan dibuatkan ikon baru dengan nama New Microsoft Excel Worksheet
Cara
CARA KETIGA
Cara yang ketiga adalah dengan cara menjalankan Microsoft Excel secara otomatis setiap kali menghidupkan komputer. Caranya :
o Klik start dengan tombol kanan mouse.
o Maka akan keluar 5 buah menu, klik Explorer All Users.
o Keluar jendela start menu
 o Klik ganda Folder Programs yang terdapat dikotak sebelah kanan.
o Maka seluruh program yang ada dalam Windows akan ditampilkan
o Klik kanan ikon Microsoft Excel, maka akan keluar sejumlah menu, klik Copy.
o Klik kanan folder Start Up yang terdapat diatasnya klik paste. Maka file induk Microsoft Excel tersebut akan dicopy kedalam folder StartUp.
o Tutuplah kembali jendela Programs tersebut.

materi kelas 8 : shortcut pada keyboard

SHORTCUT PADA KEYBOARD
Ctrl + A: Memblok semua tulisan
Ctrl + B : Bold (Mencetak tebal tulisan)
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : mengedit Font(H uruf )
Ctrl + E : Center (Membuat tulisan rata tengah)
Ctrl + F : Find (mencari/menemukan sebuah kata atau kalimat)
Ctrl + G : Go To (Mencari halaman tertentu dalam sebuah dokumen)
Ctrl + H : Replace (Mengganti kata atau kalimat tertentu)
Ctrl + I : Italic (Mencetak miring tulisan)
Ctrl + J : Justify (Membuat tulisan rata kiri dan kanan)
Ctrl + K : Insert hyperlink (Memasukkan sebuah halaman web)
Ctrl + L : Align Left (Membuat tulisan rata kiri)
Ctrl + M : Tabulasi (Mengatur tabulasi paragraph)
Ctrl + N : New Document
Ctrl + O : Open Document
Ctrl + P : Print
Ctrl + R : Align Right (Membuat tulisan rata kanan)
Ctrl + S : Save As
Ctrl + T : Mengatur left indent
Ctrl + U : Underline (Mencetak tulisan memiliki garis bawah)
Ctrl + V : Paste (Menyalin tulisan/gambar yang sudah dicopy)
Ctrl + W : Quit/Exit Microsoft Word
Ctrl + X : Cut (MEmotong tulisan/gambar)
Ctrl + Y : Redo (Mengembalikan perintah sesudahnya)
Ctrl + Z : Undo (Mengembalikan perintah sebelumnya)

materi kelas 8 : toolbar formatting & fungsinya

FORMATTING TOOLBAR
Styles and formatting : untuk mengatur format dan huruf yang
digunakan
Style : untuk menampilkan gaya penulisan
Font type : untuk mengganti jenis huruf yang digunakan
Font size : untuk mengatur ukuran huruf
Bold : untuk menebalkan huruf
Italic : untuk membuat huruf miring
Underline : untuk menggaris bawahi huruf
Align left : untuk penulisan rata kiri
Center : untuk penulisan rata tengah
Align right : untuk penulisan rata kanan
Justify : untuk membuat penulisan rata kanan
Line spacing : untuk membuat penulisan rata kanan dan kiri
Bullet : untuk membuat penomoran dengan menggunakan
simbol
Numbering : untuk membuat penomoran dengan menggunakan
angka atau huruf
Decrease indent : menggeser indentasi (spasi) ke arah kiri
Increase indent: menggeser indentasi (spasi) ke arah kanan
Outside border: membuat bingkai

Highlight : untuk membuay warna bayangan di belakang huruf
Font color : Untuk mengganti warna huruf

materi kelas 8 : toolbar standard & fungsinya

STANDARD TOOLBAR
New
: untuk membuka dokumen atau file baru
Open
: untuk membuka dokumen yang sudah dibuat
Save
: untuk menyimpan dokumen dalam disk
Permission
: untuk mengatur pembatasan akses file
Print
: untuk mencetak dokumen
Print preview
: untuk melihat tampilan data yang akan dicetak
Spelling 
: Untuk melakukan cek kebenaran dari kata yang dituliskan dalam
bahasa inggris
Research
: untuk melakukan pencarian referensi pada program ensiklopedia
atau internet
Cut
: untuk menghapus data dan memasukkan dalam clipboard
Copy
: untuk mengkopi data dan memasukkan dalam clipboard
Paste
: untuk mengeluarkan data yang sudah dikopi
Format painter 
: Untuk menirukan format seperti yang telah dikopi pada bagian
yang ditunjuk
Undo
: untuk membatalkan aksi terakhir
Redo
: untuk menirukan aksi terakhir
Hyperlinks
: untuk membuat sambungan/koneksi langsung pada suatu file
Table and border : untuk membuat table dan border
Insert table
: untuk memasukkan table
Insert Microsoft Excel Worksheet : untuk memasukkan lembar kerja Excel
Column
: untuk membuat kolom
Drawing : untuk membuka toolbar drawing
Document map : untuk menampilkan bab dan subbab dari dokumen yang
dibuat
Show/hide
: untuk menampilkan bentuk format dokumen yang dibuat
Zoom control
: untuk mengatur besarnya dokumen pada layar
Help
: untuk membantu memberi petunjuk
Reading layout : untuk mengubah tampilan dokumen menjadi seperti buku
Find
: untuk mencari dan mengganti kata-kata dalam dokumen