Minggu, 27 Februari 2011

materi kelas 8 : menambah baris

Tabel pada aplikasi ms.word terdapat pada menu Insert. Baik ms.word 2003 ataupun ms.word 2007 menu insert table memberikan kotak dialog number of colomns (jumlah kolom tabel) dan number of rows (jumlah baris tabel) tetapi pada aplikasi ms.word 2007 hal ini lebih mudah dengan hanya mengklik toolbar table kemudian mengarahkan mouse sesuai jumlah kolom dan baris tabel yang kita inginkan.
ntuk penambahan baris dan kolom ini kita dapat menggunakan menu insert colomns dan insert row.

Selain perlunya tambahan baris dan kolom, juga saat kita pertama membuat tabel kita menghitung jumlah baris dan kolom tabel yang akan kita buat. Untuk kolom mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi untuk baris misalnya untuk daftar nama jumlahnya pasti akan banyak. Selain waktu tidak efisien, kesalahan dalam menghitung jumlah baris tabel juga bisa terjadi. Akhirnya lagi-lagi kita menggunakan menu insert row dengan menggunakan mouse.

Berikut cara mudahnya. Hal yang perlu kita lakukan hanyalah menghitung jumlah kolom tabel yang kita buat. Jadi kita hanya perlu membuat tabel dengan jumlah kolom yang kita inginkan dan jumlah barisnya hanya 1. Misal jumlah kolom yang kita inginkan pada tabel 3, maka insert tabel kita 3×1. Selanjutnya setelah tabel sudah ada kita tinggal mengarahkan cursor pada kolom terakhir, kemudian gunakan tombol Tab, maka baris berikutnya akan bertambah mengikuti jumlah kolom yang sudah ada. Begitu seterusnya, gunakan tombol tab, sampai jumlah baris sesuai dengan yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar